Selamat Datang di Website Resmi Nagari Pasar Muara Labuh Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )

Artikel

Nagari Pasar Muara Labuh Laksanakan Musyawarah Nagari Tentang SDGs (Sustainable Development Goals)

09 April 2021 13:17:57  Administrator  119 Kali Dibaca  Berita Lokal

Info Nagari Pasar Muara Labuh---, Musyawarah Pelaksanaan Pendataan SDGs Desa terlaksana pada hari ini Jum’at (09/04/2021) yang bertempat di Kantor Wali Nagari Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Solok Selatan, Drs. Aidil Hasril, MM dan Hendri Bace, SP., Wali Nagari, Ketua Bamus, Pendamping Desa, Babinkhamtibmas, Babinsa serta Kelompok Kerja (Pokja) pendataan IDM dan SDGs Desa Nagari Pasar Muara Labuh yang telah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Wali Nagari Pasar Muara Labuh Nomor : 08 Tahun 2021 Tanggal 03 Maret 2021.

Dalam Agenda musyawarah ini membahas bagaimana pelaksanaan pendataan SDGs Desa, serta refokusing anggaran untuk kegiatan pendataan Data SDGs ini. SDGs (Sustainable Development Goals) merupakan upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa Ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa Peduli Lingkungan, Desa peduli Pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring dan Desa tanggap Budaya untuk percepatan pencapaian. Dalam bahasa Dunianya Sustainble Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021 sesuai dengan Permendes Nomor 13 Tahun 2020 dan Permendes Nomor 21 Tahun 2020 dimana didalamnya memuat materi tentang (Sustainable Development Goals). 

Dalam musyawarah ini Efrizal, A.Md melalui Sekretaris Nagari menyampaikan SDGs Adalah Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan (the 2030 Agenda for Sustainable Development atau SDGs) adalah kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. SDGs/TPB diberlakukan dengan prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada seorang pun yang terlewatkan atau “No-one Left Behind”. SDGs terdiri dari 17 Tujuan dan 169 target dalam rangka melanjutkan upaya dan pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) yang berakhir akhir pada tahun 2015 lalu.

Empat Pilar SDGs.

Pilar Pembangunan Sosial

Pembangunan Sosial SDGs adalah tercapainya pemenuhan hak dasar manusia yang berkualitas secara adil dan setara untuk meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat​.

Pilar Pembangunan Lingkungan

Pembangunan Pembangunan Lingkungan SDGs adalah tercapainya pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang berkelanjutan sebagai penyangga seluruh kehidupan.

Pilar Pembangunan Ekonomi

Pembangunan Ekonomi SDGs adalah tercapainya pertumbuhan ekonomi berkualitas melalui keberlanjutan peluang kerja dan usaha, inovasi, industri inklusif, infrastruktur memadai, energi bersih yang terjangkau dan didukung kemitraan.

Pilar Pembangunan Hukum dan Tata kelola

Pembangunan Hukum dan Tata Kelola SDGs adalah terwujudnya kepastian hukum dan tata kelola yang efektif, transparan, akuntabel dan partisipatif untuk menciptakan stabilitas keamanan dan mencapai negara berdasarkan hukum​

Kemudian Drs. Aidil Hasril, MM dan Hendri Bace, S.P dalam musyawarah tersebut menjelaskan kepada Kelompok Kerja (Pokja) Relawan Pendataan SDGs Desa, Upaya pencapaian SDGs Desa dalam situasi dan kondisi Pandemi Covid-19 tidaklah mudah karena itulah pembangunan dana desa 2021 diperioritaskan untuk membiyai kegitan yang mendukung pencapaian 10 (Sepuluh) SDGS Desa yang berkaitan dengan  kegiatan pemulohan ekonomi nasional, program prioritas nasional , dan adaptasi kebiasaan baru desa. adapun sepuluh SDGs di maksud dalam situasi dan kondisi Pandemi Covid_19 ialah :

  1. Desa Tanpa Kemiskinan
  2. Desa Tanpa Kelaparan
  3. Desa Sehar Sejahtera
  4. Keterlibatan Perempuan Desa
  5. Desa berebergi bersih dan terbarukan
  6. Pertumbuhan Ekonomi Desa merata
  7. Konsumsi dan Produksi Desa sadar Lingkungan
  8. Desa damai keadilan
  9. Kemitraan untuk Pembangunan Desa
  10. Kelembagaan Desa dinamis dan budaya desa adaptif

Penginputan Data SDGs Desa ini melalui sebuah Aplikasi yang ada di Handpone android, dimana nanti Tim relawan di bentuk oleh Desa serta di buatkan SK dan di berikan User name serta pasword untuk masuk penginputan di aplikasi SDGs serta kinerjanya tim relawan harus turun kelapangan. Program ini sangat bagus dalam menentukan Pembangunan berkelanjutan di Desa maupun di internasional karna semua data yang ada sudah masuk dalam aplikasi SDGs. Dalam Musyawarah ini sudah terbentuk 8 orang tim relawan yang akan siap turun kelapangan mencari data di masing-masing Keluarga. 

Ketua Bamus Nagari Nasrial Dt Rj Alam dalam pemyampaianya semoga Program ini dapat mendata semua masyatakat di Desa serta nanti data yang terkait dengan masyarakat pendataanya menjadi lebih mudah dan valid untuk pembangunan berkelanjutan serta pemulihan ekonomi.  

Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk pelaksanaan Pemerintahan Nagari Pasar Muara Labuh dan kita sama-sama berharap kedepan pelakasanaan pemerintahan ini terstruktur dan terencana dengan adanya data SDGs.

 

#ayolawancovid19

#jangankendortetappakaimasker

#ingatpesanibu

#senangmelayanimasyarakat

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Aparatur Nagari

Back Next

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

Sinergi Program

Kabupaten Solok Selatan Kementerian Desa PDTT Kementerian Dalam Negeri
Akademi Desa 4.0 Program Inovasi Desa Pusat Data Desa Indonesia

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:402
    Kemarin:469
    Total Pengunjung:162.524
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.239.179.228
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

14 Februari 2020 | 8.494 Kali
Peraturan-Peraturan Bupati Kabupaten Solok Selatan Untuk Tahun Anggaran 2021
21 Januari 2020 | 8.215 Kali
Profil Nagari
01 Agustus 2019 | 8.104 Kali
Wilayah Nagari
27 Januari 2020 | 8.091 Kali
Profil Perangkat Nagari
23 Januari 2020 | 8.085 Kali
Tugas dan Fungsi
01 Agustus 2019 | 8.076 Kali
Visi dan Misi
01 Agustus 2019 | 8.072 Kali
Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan