rss_feed

Nagari Pasar Muara Labuh

Jl. Melati
Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat
Kode Pos 27776

mail_outline walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

  • ZAINAL. R

    Pj. W A L I N A G A R I

    Belum Rekam Kehadiran
  • EDRI YULITDRA

    Sekretaris Nagari

    Belum Rekam Kehadiran
  • RIDO VERNANDO,A.Md

    Kaur Keuangan

    Belum Rekam Kehadiran
  • ANDI CASTRO

    Kaur Perencanaan

    Belum Rekam Kehadiran
  • TITIK SANORA

    Kaur Umum

    Belum Rekam Kehadiran
  • ERA JUWITA

    Kasi Pemerintahan

    Belum Rekam Kehadiran
  • RITA YULIA

    Kasi Kesejahteraan

    Belum Rekam Kehadiran
  • GUSTA SUHERMAN

    Kasi Pelayanan

    Belum Rekam Kehadiran
  • RIKA ELSA PUTRI

    Staf/ Operator Siskeudes

    Belum Rekam Kehadiran
  • BENY OKTA FIHENDRI

    Staf/ Operator Sipades

    Belum Rekam Kehadiran
  • RESKI JULNI AULIA,S.Pd

    Staf Kolektor Pajak

    Belum Rekam Kehadiran
  • BARITA ARAZZAK

    Wali Jorong Pasar Muara Labuh Barat

    Belum Rekam Kehadiran
  • ALAM YANDRA

    Wali Jorong Pasar Muara Labuh Utara

    Belum Rekam Kehadiran
  • MUHARIS

    Staff Sekretariat BAMUS

    Belum Rekam Kehadiran
  • AGUS FIRMAN EFENDI

    Staf

    Belum Rekam Kehadiran

settings Pengaturan Layar

Selamat Datang di Website Resmi Nagari Pasar Muara Labuh Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )
fingerprint
SOP Tata Cara Pengajuan Permohonan Penyelesaian Sengketa Ke Komisi Informasi

14 Jul 2022 15:55:20 52 Kali

PPID Nagari -| Tata cara dan langkah-langkah  pengajuan permohonan penyelesaian Sengketa Ke Komisi Informasi adalah sebagai berikut :

  1. Upaya penyelesaian sengketa Informasi Publik diajukan kepada Komisi Informasi Pusat atau Komisi Informasi Provinsi atau Komisi Informasi Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya apabila tanggapan atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dalam proses keberatan tidak memuaskan Pemohon Informasi Publik.
  2. Upaya penyelesaian Sengketa Informasi Publik diajukan dalam waktu paling lambat 14 (empat belas) hari kerja setelah diterimanya tanggapan tertulis dari atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi.
  3. Komisi Informasi Pusat mulai mengupayakan penyelesaian Sengketa Informasi Publik melalui Mediasi atau ajudikasi atau nonlitigasi paling lambat 14 (empat belas) hari kerja setelah menerima permohonan penyelesaian Sengketa Informasi Publik.
  4. Proses penyelesaian sengketa informasi sebagaiman dimaksud dapat diselesaikan dalam waktu 100 (seratus) hari kerja.

Gambar langkah-langkah pengajuan Sengketa ke Komisi Informasi 

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 117 Tahun 2010 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi dimana salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi. Terkait dengan tugas tersebut, PPID menetapkan standar layanan informasi di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam rangka penyelenggraan pelayanan publik dengan menyediakan sarana, prasarana, fasilitas berupa desk layanan informasi, fasilitas pendukung seperti layanan akses internet gratis, petugas pelaksana layanan informasi, instrumen transaksi, produk pelayanan, serta menetapkan waktu layanan informasi.Sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika. KM Kominfo No.117 Tahun 2010 dirubah menjadi KM Kominfo No. 1740 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

A. DESK LAYANAN INFORMASI

Untuk memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pemohon/pengguna informasi public, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi melalui desk layanan informasi public melakukan layanan langsung dan layanan melalui media antara lain menggunakan  WA : 0812 6786 9437 ; Email :pasarmuaralabuh@gmail.com ; dan website : http://pasarmuaralabuh.desa.id

 B. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

  1. Proses penyelesaian untuk memenuhi permintaan pemohon informasi publik dilakukan setelah pemohon informasi publik memenuhi persyaratan yang telah ditentukan;
  2. Waktu penyelesaian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permintaan, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) akan menyampaikan pemberitahuan yang berisikan informasi yang diminta berada dibawah penguasaannya atau tidak. Dan PPID dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari kerja.
  3. Penyampaian/pendistribusian/penyerahan informasi public kepada pemohon informasi publik dilakukan secara Hardcopy atau softcopy.

C. BIAYA – TARIF

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menyediakan informasi publik secara gratis (tidak dipungut biaya), sedangkan untuk penggandaan atau perekaman, pemohon/pengguna informasi publik dapat melakukan penggandaan/fotocopy sendiri ditempat foto copy terdekat atau menyediakan CD/DVD kosong atau flashdisk untuk perekaman data dan informasinya.

D. KOMPETENSI PELAKSANA LAYANAN INFORMASI PUBLIK

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Nagari dalam melaksanakan pelayanan informasi publik kepada pemohon/pengguna informasi publik dibantu oleh Perangkat Nagari yang ada di Nagari. Untuk petugas pada desk layanan informasi publik memiliki kompetensi seperti pengetahuan mengenai peraturan perundang-undangan yang terkait dengan keterbukaan informasi publik dan pelayanan publik, keterampilan dan sikap dalam berkomunikasi, sehingga dapat menunjang dalam melaksanakan tugas pelayanan informasi.

E. LAPORAN OPERASIONAL LAYANAN INFORMASI PUBLIK

 Pengelolaan hasil transaksi penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan melalui pembuatan laporan harian pelaksanaan tugas pelayanan informasi publik. Petugas pelayanan informasi publik setiap hari membuat laporan hasil pelaksanan tugas pelayanan informasi publik disampaikan kepada Bidang Pelayanan Informasi di Nagari. Bidang Pelayanan Informasi membuat laporan bulanan hasil pelaksanaan tugas pelayanan informasi publik untuk disampaikan kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Nagari. Selanjutnya PPID setiap bulan melaporkan kepada Tim Pertimbangan Pelayanan Informasi. Laporan tersebut memuat informasi mengenai permintaan informasi publik yang sudah dipenuhi, tindak lanjut dari permintaan yang belum dipenuhi, penolakan permintaan informasi publik disertai dengan alasan penolakannya dan waktu diperlukan dalam memenuhi setiap permintaan pemohon informasi sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

F. KEBERATAN ATAS PEMBERIAN INFORMASI PUBLIK

 Setiap Pemohon Informasi Publik dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi berdasarkan alasan berikut:

  1. penolakan atas permintaan informasi berdasarkan alasan pengecualian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17;
  2. tidak disediakannya informasi berkala sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9;
  3. tidak ditanggapinya permintaan informasi;
  4. permintaan informasi ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
  5. tidak dipenuhinya permintaan informasi;
  6. pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
  7. penyampaian informasi yang melebihi waktu yang diatur dalam Undang¬Undang ini.

 

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat
Jumat, 30 September 2022

reorder Penyerahan BLT Dana Desa

map Wilayah Nagari

contacts Info Media Sosial

account_circle Aparatur Nagari

Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

message Komentar Terkini

  • person Liza rahmi

    date_range 15 September 2022 22:42:07

    Semoga kedepannya lebih baik dengan adanya bantuan [...]
  • person Rita

    date_range 13 Agustus 2022 11:01:21

    Apakah bansos saya masih aktif [...]
  • person Saepudin

    date_range 14 April 2022 07:35:11

    Cek bantuan bpnt tahap 2 [...]
  • person Muhammad fadlyansyah

    date_range 22 Maret 2022 18:55:22

    Saya belum dapat bantuan pkh sampai sekarang [...]
  • person Pindra ridiyansah

    date_range 27 Februari 2022 12:52:03

    Data nama Yg menarima uang tunai 600 ribu tahun 2022 [...]
  • person Winarno

    date_range 25 Februari 2022 21:25:18

    Saya ingin tahu brapa saldo di kartu KKS saya [...]
  • person Winarno

    date_range 25 Februari 2022 21:23:41

    Kenapa PKH saya tidak cair2 apakah saya masih menerima [...]
  • person Putri Wanilayati

    date_range 25 Februari 2022 13:17:51

    Apakah nama tersebut masih terdapat sebagai penerima BPNT [...]
  • person Petrus reyneldus woda

    date_range 16 Februari 2021 17:04:05

    Saya selama ini tda pernah dapat bantuan ..saya ini [...]
  • person Bel hendra

    date_range 08 Februari 2021 23:32:29

    Saya udah daftar k kantor wali nagari banda gadang..sampai [...]

share Sinergi Program

event Agenda


Undangan MAN
  • date_range 15 Januari 2020 11:19:38
    place Lokasi : Gedung Serba Guna Nagari Pasir Talang Barat
    account_circle Koordinator : BKAN Sungai Pagu

Undangan KPU Solok Selatan
  • date_range 15 Januari 2020 11:22:13
    place Lokasi : Aula Kantor Camat Sungai Pagu
    account_circle Koordinator : KPU Solok Selatan

Pendataan dan Perbaikan Objek Pajak PBB-P2 TA. 2020
  • date_range 17 Januari 2020 11:24:22
    place Lokasi : Nagari Pasar Muara Labuh
    account_circle Koordinator : BPKD Kab. Solok Selatan

Lokasi Objek Pendataan PBB-P2 Nagari TA. 2020
  • date_range 17 Januari 2020 11:26:30
    place Lokasi : Nagari Pasar Muara Labuh
    account_circle Koordinator : BPKD Kab. Solok Selatan

Musyawarah Nagari Validasi Data DTKS/BDT
  • date_range 10 Februari 2020 09:00:00
    place Lokasi : Kantor Wali Nagari Pasar Muara Labuh
    account_circle Koordinator : Kasi Pemerintahan

Lokmin Lintas Sektor Puskesmas Unit Muara Labuh
  • date_range 05 Maret 2020 09:00:00
    place Lokasi : Puskesmas Muara Labuh
    account_circle Koordinator : Puskesmas Muara Labuh

Penilaian Kegiatan Gerakan PKK Tahun 2020
  • date_range 09 Maret 2020 09:00:00
    place Lokasi : Kantor Camat Sungai Pagu
    account_circle Koordinator : Ekbang Kecamatan Sungai Pagu

Musrenbang RKPD Tahun 2021
  • date_range 11 Maret 2020 08:30:00
    place Lokasi : Aula Nagari Pasir Talang Barat
    account_circle Koordinator : Panitia Musrenbang Kec Sungai Pagu

Pencairan SPP Gulir Tahap I Tahun 2020
  • date_range 23 Maret 2020 14:30:00
    place Lokasi : Kantor Wali Nagari
    account_circle Koordinator : UPK Kecamatan Sungai Pagu

Pengiriman Data Event Nagari Tahun 2020
  • date_range 24 Maret 2020 12:05:57
    place Lokasi :
    account_circle Koordinator :

Serah Terima Jabatan Wali Nagari Pasar Muara Labuh
  • date_range 30 Maret 2020 10:00:00
    place Lokasi : Kantor Wali Nagari
    account_circle Koordinator : Kasi Pemerintahan

Pencairan BLT DD Fase II
  • date_range 18 September 2020 09:00:00
    place Lokasi : Kantor Wali Nagari
    account_circle Koordinator : Kasi Kesejahteraan Rakyat

Sosialisasi Pelaksanaan Kebijakan dan Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan
  • date_range 06 Oktober 2020 09:00:00
    place Lokasi : Aula Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
    account_circle Koordinator : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab Solok

Musyawarah Khusus Nagari BLT DD Fase III
  • date_range 14 Oktober 2020 09:00:00
    place Lokasi : Kantor Wali Nagari
    account_circle Koordinator : Kasi Pemerintahan

Musyawarah Rembug Stunting
  • date_range 21 Juli 2022 09:00:00
    place Lokasi : Kantor Wali Nagari
    account_circle Koordinator : Rita Yulia

insert_photo Album Galeri

assessment Statistik Nagari

TRANSPARANSI ANGGARAN
Sumber Data : Siskeudes
insert_chart
APBDes 2022 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 1,513,414,320 | Rp. 2,244,193,216
67.44 %
BELANJA
Rp. 1,143,578,772 | Rp. 2,903,547,032
39.39 %
PEMBIAYAAN
Rp. 659,353,816 | Rp. 659,353,816
100 %
insert_chart
APBDes 2022 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Dana Desa
Rp. 732,917,000 | Rp. 1,133,725,000
64.65 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 0 | Rp. 7,790,216
0 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 778,225,484 | Rp. 1,102,678,000
70.58 %
Bunga Bank
Rp. 2,271,836 | Rp. 0
100 %
insert_chart
APBDes 2022 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN NAGARI
Rp. 422,361,022 | Rp. 1,503,923,655
28.08 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN NAGARI
Rp. 131,806,750 | Rp. 296,460,000
44.46 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 84,233,000 | Rp. 157,505,000
53.48 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 283,778,000 | Rp. 378,458,377
74.98 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK NAGARI
Rp. 221,400,000 | Rp. 567,200,000
39.03 %