Selamat Datang di Website Resmi Nagari Pasar Muara Labuh Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )

Artikel

Strategi Membangun Branding Usaha Briket Tempurung Kelapa Dengan Adakan Pelatihan Bagi Masyarakat

29 September 2021 11:14:58  Administrator  101 Kali Dibaca  Berita Lokal

Info Nagari Pasar Muara Labuh---, Pemerintah Nagari Pasar Muara Labuh laksanakan kegiatan Pelatihan membuat briket dari tempurung kelapa Selasa, (28/09/2021). Pelatihan ini dilaksanakan di Aula Wisma Ummi Kalsum dan diikuti oleh 35 peserta terdiri dari masyarakat pelaku industri dan perwakilan jorong di Nagari Pasar Muara Labuh dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Gusta Suherman selaku Pelaksana Kegiatan sekaligus Kasi Pelayanan dalam penyampaian Laporan Kegiatannya mengungkapkan, kegiatan ini anggarannya dari APB-Nagari Tahun 2021 yang bersumber dari Dana Desa. dimana peserta pelatihan ini adalah kelompok masyarakat yang ada disetiap jorong yang memiliki potensi .

"Nantinya kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dengan harapan kegiatan ini bisa di kembangkan oleh masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat," ulasnya.

Dalam rangka kegiatan tersebut Pj. Wali Nagari Pasar Muara Labuh, Zainal R meminta kepada Ir. Hendri Sawir untuk memandu, mendampingi, dan memberdayakan masyarakat dalam proses produksi briket arang tempurung kelapa serta penggunaan dan pengembangan alat mesin produksi briket. Mesin-mesin yang diintroduksikan antara lain mesin pengarangan, mesin press, mesin briket, dan oven pengering. 

Pasar Muara Labuh merupakan salah satu sentra produksi tempurung kelapa utama di Kabupaten Solok Selatan. Disamping beberapa kelompok perajin yang ada di nagari belum ada yang mengolah tempung kelapa tersebut untuk dikembangkan menjadi produk arang tempurung kelapa, kebanyakan hanya mengolah daun kelapa menjadi ketupat. namun hal tersebut juga belum dimanfaatkan secara optimal. Melihat potensi dan peluang dari briket arang tempurung kelapa yg sangat menjanjikan,  Pemerintah Nagari Pasar Muara Labuh mendorong dan memfasilitasi beberapa kelompok masyarakat untuk mengikuti Pelatihan membuat briket dari tempung kelapa.ujarnya.

Pembuatan briket arang tempurung sangat potensi bisa di kembangkan di Nagari Pasar Muara Labuh, karena potensi tempung kelapa melimpah dan semua itu bisa di olah dan dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Maka untuk itulah Pemerintah Nagari memberikan pelatihan tentang pembuatan briket arang tempurung kelapa agar para pelaku atau masyarakat bisa mengembangkannya.

Camat Sungai Pagu Rolli Almar, S,STP, M.Si mengungkapkan Program Pemberdayaan Masyarakat di nagari hendaknya bisa berkembang di tengah masyarakat, karena dengan adanya program pemberdayaan yang diterapkan bisa membawa dampak positif. Harapannya program Pemberdayaan bisa lebih terarah.

"Oleh karena itu manfaat  pemberdayaan  dapat berkembang dan membudaya ditengah masyarakat, maka kegiatan pelatihan yang mesti dilaksankan harus merupakan kegiatan yang memang membawa dampak besar bagi masyarakat dan semua itu hendaknya bisa melihat potensi yang ada di tengah masyarakat," seperti yang telah dilakukan oleh Pemerintah Nagari Pasar Muara Labuh ujarnya.

Beberapa jenis pemberdayaan yang bisa diterapkan ditengah masyarakat adalah dengan membuat pelatihan pelatihan kepada pelaku pelaku industri mikro dan masyarakat , dan dapat menjadi kebutuhan kita bersama sama,sehingga bisa membawa manfaat yang besar nantinya,

Briket tempurung kelapa hal yang sangat mungkin menjadi impian jika dilakukan dengan baik dan bisa menjadi alternatif bahan bakar pengganti bahan bakar gas yang harganya semakin mahal. Briket tempurung kelapa merupakan bagian kecil dari energi baru yang saat ini menjadi trend dunia dalam hal pengelolaan energi baru untuk masyarakat.  

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membuka peluang usaha baru bagi masyarakat nagari atau briket ini bisa menjadi branding produk unit usaha yang dikelolah oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUM-Nag) dengan memberdayakan masyarakat sebagai pelakunya, sehingga apa yang diamanahkan oleh undang-undang tentang pemanfaatan dana desa terlaksana, salah satunya adalah azas manfaat dengan adanya dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah dapat dirasakan oleh masyarakat.

#ayolawancovid19

#jangankendortetappakaimasker

#ingatpesanibu

#coronamasihada

#senangmelayanimasyarakat

#stayathome

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Penyerahan BLT Dana Desa

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Aparatur Nagari

Back Next

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

Sinergi Program

Kabupaten Solok Selatan Kementerian Desa PDTT Kementerian Dalam Negeri
Akademi Desa 4.0 Program Inovasi Desa Pusat Data Desa Indonesia

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Arsip Artikel

14 Februari 2020 | 8.812 Kali
Peraturan-Peraturan Bupati Kabupaten Solok Selatan Untuk Tahun Anggaran 2021
21 Januari 2020 | 8.396 Kali
Profil Nagari
01 Agustus 2019 | 8.235 Kali
Wilayah Nagari
23 Januari 2020 | 8.216 Kali
Tugas dan Fungsi
27 Januari 2020 | 8.210 Kali
Profil Perangkat Nagari
01 Agustus 2019 | 8.205 Kali
Visi dan Misi
01 Agustus 2019 | 8.187 Kali
Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan