Selamat Datang di Website Resmi Nagari Pasar Muara Labuh Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )

Artikel

Pembinaan Rumah Desa Sehat Sebagai Wadah Bersama Untuk Kesehatan Masyarakat Nagari

29 September 2021 11:33:53  Administrator  42 Kali Dibaca  Berita Lokal

Info Nagari Pasar Muara Labuh---, Tampaknya, persoalan kesehatan menjadi perhatian benar oleh pemerintah. Selain persoalan stunting, masalah terkait kesehatan ibu dan anak, air bersih dan sanitasi, juga menjadi priorotas untuk kesehatan masyarakat. Dalam hal ini, dibentuklah satu badan untuk mengurusi masalah ini. Yaitu, RDS (Rumah Desa Sehat). Bagiamana kemudian program-programnya, pembekalan-pembekalan untuk pengurus RDS ini?

Untuk menjawabnya, pada hari Selasa, (28/09/2021), Pemerintah Nagari mengadakan pertemuan sekaligus melakukan pembinaan bagi pengurus RDS, serta didampingi oleh pendamping desa untuk kemudian membayangkan rencana terkait pembangunan nagari dalam bidang kesehatan.

Seperti yang disampaikan oleh Rita Yulia, Kasi Kesra, bahwa tidak ada lembaga atau individu yang dapat menyelesaikan persoalan Pengembangan Sumber daya Manusia (PSDM) terutama dalam pemenuhan 5 Paket Layanan Pokok secara mandiri. Apa itu, antara lain, layanan kesehatan ibu dan anak, integrasi konseling gizi, air bersih dan sanitasi, perlindungan sosial, dan layanan PAUD.

Maka, untuk menyelesaikan persoalan tersebut dibutuhkan wadah atau forum dialog dalam masyarakat. Forum atau wadah ini diharapkan dapat membuka ruang dialog (perbincangan publik) masyarakat dan pemerintah nagari terkait realitas masalah dan kebutuhan pemenuhan layanan sosial dasar, khususnya bidang kesehatan di nagari.

Setidaknya, ada 3 hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Pertama mengenai konsep Rumah Desa Sehat, kesadaran terhadap stunting, serta bagaimana menyusun perencanaan program RDS di nagari.

Sementara itu, Pendamping Desa Kecamatan, Joko Adrianto menyampaikan pemerintah nagari mempunyai harapan besar terhadap pengurus RDS ini. "Pusat informasi pelayanan sosial dasar di nagari khususnya bidang kesehatan, ruang literasi kesehatan di nagari, wahana komunikasi, informasi dan edukasi tentang kesehatan di nagari, forum advokasi kebijakan pembangunan nagari di bidang kesehatan, dan pusat pembentukan dan pengembangan kader pembangunan manusia.

"Khusus untuk Nagari Pasar Muara Labuh kita fokus untuk hal tersebut, Bagaimana kemudian indikator-indikator yang terdapat dalam persoalan ini bisa diselesaikan. Misalnya, sanitasi, air bersih, jambanisasi, makanan tambahan, dan lain sebagainya," lanjutnya.

#ayolawancovid19

#jangankendortetappakaimasker

#ingatpesanibu

#coronamasihada

#senangmelayanimasyarakat

#stayathome

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Penyerahan BLT Dana Desa

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Aparatur Nagari

Back Next

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

Sinergi Program

Kabupaten Solok Selatan Kementerian Desa PDTT Kementerian Dalam Negeri
Akademi Desa 4.0 Program Inovasi Desa Pusat Data Desa Indonesia

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Arsip Artikel

14 Februari 2020 | 8.812 Kali
Peraturan-Peraturan Bupati Kabupaten Solok Selatan Untuk Tahun Anggaran 2021
21 Januari 2020 | 8.397 Kali
Profil Nagari
01 Agustus 2019 | 8.235 Kali
Wilayah Nagari
23 Januari 2020 | 8.216 Kali
Tugas dan Fungsi
27 Januari 2020 | 8.211 Kali
Profil Perangkat Nagari
01 Agustus 2019 | 8.206 Kali
Visi dan Misi
01 Agustus 2019 | 8.187 Kali
Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan