Selamat Datang di Website Resmi Nagari Pasar Muara Labuh Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )

Artikel

Sosialisasi PHBS Sebagai Langkah Peningkatan Kesehatan Masyarakat Di Masa Pandemi

27 September 2021 10:14:09  Administrator  31 Kali Dibaca  Berita Lokal

Info Nagari Pasar Muara Labuh---, Dalam rangka mewujudkan masyarakat Bersih dan Sehat Pemerintah Nagari Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan menyelenggarakan  Sosialisasi PHBS di tingkat nagari. Kegiatan Sosialisasi PHBS ini dilaksanakan pada hari ini Senin (27/09/2021). Sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Wisma Ummi Kalsum dan diikuti oleh 40 peserta terdiri dari pengurus TP. PKK Nagari Pasar Muara Labuh dan Kader Posyandu dan perwakilan jorong di Nagari Pasar Muara Labuh dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan

Maksud dan Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat serta memberikan arahan yang lain. Kegiatan diawali dengan sambutan Pj. Wali Nagari Pasar Muara Labuh. Dalam sambutannya Pj. Wali Nagari Pasar Muara Labuh, Zainal R menyampaikan agar undangan yang hadir dapat memperhatikan materi yang disampaikan oleh narasumber dari Puskesmas Muara Labuh, Derit Wanjulita, TP-PKK Kabupaten Solok Selatan, Abdul Haris dan selanjutnya dapat meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

Kemudian Camat Sungai Pagu, Rolli Almar, S,STP, M.Si secara resmi membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat, apalagi dimasa pandemi ini, "apabila Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini kita terapkan akan memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 mualai dari keluarga dan lingkungan tempay kita tinggal",ujarnya.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat, dengan membuka jalur komunikas, memberikan informasi dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku, sehingga membantu masyarakat mengenali dan mengatasi masalah sendiri, dalam tatanan rumah tangga, agar dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dalam rangka menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatan.

PHBS pada tatanan rumah tangga dinilai berdasarkan 16 indikator yang meliputi 9 indikator perilaku dan 7 indikator lingkungan. Sembilan indikator perilaku ini adalah (1) Perilaku tidak merokok, (2) Persalinan oleh Nakes, (3) Immunisasi, (4) Penimbangan Balita, (5) Sarapan Pagi, (6) Kepersertaan Dana Sehat, (7) Kebersihan Mencuci Tangan, (8) Kebersihan Menggosok Gigi, (9) Olah Raga. 
Sedangkan Indikator Lingkungan pada PHBS adalah (1) sarana air bersih, (2) Jamban, (3) Tempat Sampah, (4) Sarana Pembuangan Air Limbah, (5) Ventilasi Rumah, (6) Kepadatan Rumah, (7) Lantai Rumah.

Dengan adanya sosialisasi PHBS ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kualitas hidupnya untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Sehingga tingkat kesehatan masyarakat dapat meningkat dengan diiringi semua kegiatan atau perilaku demi menjaga kesehatan, baik kesehatan diri sendiri, keluarga ataupun masyarakat.

#ayolawancovid19

#jangankendortetappakaimasker

#ingatpesanibu

#coronamasihada

#senangmelayanimasyarakat

#stayathome

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Penyerahan BLT Dana Desa

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Aparatur Nagari

Back Next

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

Sinergi Program

Kabupaten Solok Selatan Kementerian Desa PDTT Kementerian Dalam Negeri
Akademi Desa 4.0 Program Inovasi Desa Pusat Data Desa Indonesia

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Arsip Artikel

14 Februari 2020 | 8.812 Kali
Peraturan-Peraturan Bupati Kabupaten Solok Selatan Untuk Tahun Anggaran 2021
21 Januari 2020 | 8.397 Kali
Profil Nagari
01 Agustus 2019 | 8.235 Kali
Wilayah Nagari
23 Januari 2020 | 8.216 Kali
Tugas dan Fungsi
27 Januari 2020 | 8.210 Kali
Profil Perangkat Nagari
01 Agustus 2019 | 8.205 Kali
Visi dan Misi
01 Agustus 2019 | 8.187 Kali
Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan