Selamat Datang di Website Resmi Nagari Pasar Muara Labuh Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )

Artikel

Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengolahan Sampah Menjadi Berkah Terlaksana Di Pasar Muara Labuh

21 September 2021 14:44:13  Administrator  30 Kali Dibaca  Berita Lokal

Info Nagari Pasar Muara Labuh---, Selasa (21/09/2021) Pemerintah Nagari Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan mengadakan kegiatan pelatihan pengelolaan sampah di Aula Wisma Sakinah selama 3 hari dari tanggal 21 September sampai dengan 23 September 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM untuk melakukan pengelolaan sampah. Peserta kegiatan masyarakat di Nagari Pasar Muara Labuh. Acara ini berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Sungai Pagu dalam hal ini diwakili oleh Kasi Kesra Deni, Pendamping Desa Kecamatan, Joko Adrianto, Sekretaris Nagari, Edri Yulitdra, Pelaksana Kegiatan ini Kasi Pelayanan Gusta Suherman dan Narasumber yang akan menyampaikan materi serta memberikan prakteknya Ir. Setiawan (Wan Sarok).

Metode yang digunakan adalah metode presentasi berupa penyampaian materi dan metode simulasi praktikum agar peserta lebih memahami secara teknis cara pengolahan sampah secara lebih nyata. Capaian kegiatan pengabdian ini adalah terlaksananya kegiatan “Pelatihan Pengolahan Sampah Rumah Tangga Guna Peningkatan Perekonomian Masyarakat Nagari Pasar Muara Labuh” dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang. Dari kegiatan pelatihan ini peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai bagaimana pengolahan sampah rumah tangga guna peningkatan perekonomian masyarakat.

Dalam Sambutannya Sekretaris Nagari mewakili Wali Nagari menyampaikan bahwa pengolahan sampah menjadi permasalahan yang kerap terjadi terutama dalam lingkup rumah tangga di nagari. kurangnya kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya pengolahan turut berdampak pada kebersihan lingkungan sekitar. Selain itu kurangnya keterampilan teknis mengakibatkan sampah yang dihasilkan rumah tangga tidak terkelola dengan baik. sehingga kegiatan ini ada untuk memberikan pelatihan pengolahan sampah rumah tangga guna peningkatan perekonomian masyarakat itu sendiri.

Selain itu sampah organik merupakan sampah yang mengandung kadar air tinggi dan mudak busuk. Penumpukan sampah organik dapat mencemari lingkungan dan menjadi wabah penyakit. Salah satu cara untuk mengolah sampah organik adalah pembuatan pupuk kompos dengan komposter. "sehingga sampah itu menjadi berkah bagi masyarakat bukan menjadi bencana" ujarnya.

Kemudian Deni atas nama Camat Sungai Pagu secara resmi membuka kegiatan ini, pada kesempatan itu beliau menyampaikan selain kurangnya keterampilan teknis mengakibatkan sampah yang dihasilkan rumah tangga tidak terkelola dengan baik, Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan pengolahan sampah rumah tangga guna peningkatan perekonomian masyarakat nagari. Materi yang disampaikan dalam kegiaan pelatihan berupa pengetahuan serta pelatihan tentang bagaimana pengolahan sampah rumah tangga, dan kami dari Kecamatan Sungai Pagu sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini.

Harapannya dari pelatihan ini diharapkan masyarakat nagari bisa mengelolah sampah menjadi bernilai guna sehingga menghasikan rupiah serta kedepannya hal ini sangat potensial untuk dikembangkan kearah yang lebih maju lagi seperti nanti adanya bank sampah nagari, bisa menciptakan daur ulang dan bank sampah dari Organik dan Anorganik Menjadi Pupuk Kompos dan Ecobrick. sehingga permasalahan sampah sedikit demi sedikit bisa teratasi.

#sampahmembawaberkah

#gogreen

#ayolawancovid19

#jangankendortetappakaimasker

#ingatpesanibu

#coronamasihada

#senangmelayanimasyarakat

#stayathome

 

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Penyerahan BLT Dana Desa

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Aparatur Nagari

Back Next

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

Sinergi Program

Kabupaten Solok Selatan Kementerian Desa PDTT Kementerian Dalam Negeri
Akademi Desa 4.0 Program Inovasi Desa Pusat Data Desa Indonesia

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Arsip Artikel

14 Februari 2020 | 8.812 Kali
Peraturan-Peraturan Bupati Kabupaten Solok Selatan Untuk Tahun Anggaran 2021
21 Januari 2020 | 8.396 Kali
Profil Nagari
01 Agustus 2019 | 8.234 Kali
Wilayah Nagari
23 Januari 2020 | 8.216 Kali
Tugas dan Fungsi
27 Januari 2020 | 8.210 Kali
Profil Perangkat Nagari
01 Agustus 2019 | 8.205 Kali
Visi dan Misi
01 Agustus 2019 | 8.187 Kali
Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan