Selamat Datang di Website Resmi Nagari Pasar Muara Labuh Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )

Artikel

Pelatihan Sulaman Benang Emas Salah Satu Bentuk Pemberdayaan Masyarakat Nagari Pasar Muara Labuh

31 Agustus 2021 16:34:03  Administrator  102 Kali Dibaca  Berita Lokal

Info Nagari Pasar Muara Labuh---, Pemerintah Nagari Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan menggelar pelatihan sulaman benang emas untuk menghias busana.

Pelatihan berlangsung selama 6 hari dari tanggal 23 s/d 28 Agustus 2021di Aula Kantor Bamus Nagari, Para peserta nantinya akan memperoleh  sertifikat yang dikeluarkan langsung oleh Pemerintah Nagari.

Pj. Wali Nagari Pasar Muara Labuh, Zainal R mengatakan, pelatihan diikuti 45 peserta. Mereka adalah warga nagari yang ada di 4 (empat) wilayah jorong.

Tujuan pelatihan tersebut untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi para perajin dalam menghasilkan produk unggulan industri kecil dan menengah (IKM).

Menurutnya, jika pelaku IKM tidak melakukan inovasi produk, maka kerajinan lokal seperti Sulaman Benang Emas dan lainnya bisa ditinggalkan oleh konsumen. "Oleh sebab itu para perajin terus kita pacu meningkatkan kualitas barang dengan memberikan pelatihan melalui program Pemberdayaan Masyarakat Nagari," ujarnya.

Sementara Ketua Bamus Nagari, Nasrial Dt Rj Alam mengatakan, Pasar Muara Labuh merupakan sentral industri karena disini hasil produk kerajinan industri rumah tangga sangat banyak tersebar disini, terangnya.

Dengan adanya kegiatan pelatihan tersebut agar melahirkan perajin siap pakai dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. "Pelatihan tersebut dilaksanakan beberapa hari dan didanai dengan Dana Desa yang ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari (APB-NAG) Tahun Anggaran 2021."

Diharapkan kegiatan ini terus berlanjut pada masa mendatang dengan mengembangkan keterampilan sesuai dengan potensi yang ada di Pasar Muara Labuh.

Peserta pelatihan diminta mengikuti dengan sungguh-sungguh agar memiliki bekal untuk membuka usaha sendiri atau mandiri.

Tina Harlen (33 tahun) salah satu peserta yang mengikuti pelatihan sulaman benang emas ini menuturkan bahwa ia sangat senang dan berterima kasih kepada pihak nagari yang telah bisa diikut sertakan dalam pelatihan ini.

“ Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih kepada pihak nagari yang sudah menyelenggarakan pelatihan ini, karena pelatihan sulaman ini merupakan suatu kepandaian dan ilmu bagi saya dan teman lainnya agar bisa membantu perekomian keluarga “, ungkapnya.

#ayolawancovid19

#jangankendortetappakaimasker

#ingatpesanibu

#coronamasihada

#senangmelayanimasyarakat

#stayathome

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Penyerahan BLT Dana Desa

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Aparatur Nagari

Back Next

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

Sinergi Program

Kabupaten Solok Selatan Kementerian Desa PDTT Kementerian Dalam Negeri
Akademi Desa 4.0 Program Inovasi Desa Pusat Data Desa Indonesia

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Arsip Artikel

14 Februari 2020 | 8.812 Kali
Peraturan-Peraturan Bupati Kabupaten Solok Selatan Untuk Tahun Anggaran 2021
21 Januari 2020 | 8.396 Kali
Profil Nagari
01 Agustus 2019 | 8.235 Kali
Wilayah Nagari
23 Januari 2020 | 8.216 Kali
Tugas dan Fungsi
27 Januari 2020 | 8.210 Kali
Profil Perangkat Nagari
01 Agustus 2019 | 8.205 Kali
Visi dan Misi
01 Agustus 2019 | 8.187 Kali
Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan