Selamat Datang di Website Resmi Nagari Pasar Muara Labuh Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )

Artikel

Temuan Peneliti Unand : Pasar Muara Labuh berhasil mengimplementasikan kebijakan penanganan Covid-19

28 Agustus 2021 09:10:28  Administrator  370 Kali Dibaca  Berita Desa

Pasar Muara Labuh | Keberhasilan Nagari Pasar Muara Labuh dalam mengelola Dana Desa sesuai dengan Regulasi Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah pada tahun 2020 dalam Penanganan Covid 19 sangat diperhitungkan oleh berbagai Pihak atau Stake Holder. 

Pengelolaan Dana Desa yang bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) yang baik, tak salah Pemerintahan Nagari menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi, Seperti Piagam Pencairan BLT Tepat waktu oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, dan juga Piagam Transparansi Dana Desa Tahun 2020 oleh Prof Irwan Prayitno dikala itu menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat.

Keberhasilan Pasar Muara Labuh, juga dilirik oleh institusi pendidikan perguruan tinggi, yakni Universitas Andalas (Unand). Unand mengirimkan Mahasiswanya untuk melakukan penelitian ke Nagari Pasar Muara Labuh yang dibimbing oleh Akademi Ternama yaitu Bapak Dr. Hendri Koeswara S.IP, M.Soc.Sc dan Dr. Syamsurizaldi, S.IP, SE, MM (Sekarang Menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan) mengenai pengelolaan dana desa, dan hasilnya Pemerintah Nagari Pasar Muara Labuh cukup baik dan berhasil dalam mengimplementasikan kebijakan penanganan pandemi Covid-19. 

Berikut Cuplikan dari Penelitian dari Institusi PT Universitas Andalas : 

ABSTRAK Tio Pratama. 1410842027, Implementasi kebijakan Dana Desa dalam penanganan pandemi Covid 19 Oleh Pemerintahan Nagari Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan,

Jurusan Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, 2021, dibimbing oleh : Dr. Hendri Koeswara S.IP, M.Soc.Sc dan Dr.Syamsurizaldi, S.IP, SE, ,MM

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan kebijakan Dana Desa dalam upaya penanganan pandemi Covid 19 di Nagari Pasar Muara Labuh. Kebijakan. Dalam situasi darurat dan mendesak proses pergeseran Dana Desa secara cepat dan tepat. tetapi dalam pelaksanaan pemerintah Desa/Nagari selaku pelaksana anggaran masih terkendala dengan kompetensi sumber daya manusia dan lemahnya komunikasi dan koordinasi terutama ke eksternal serta lingkungan sosial terkait dengan kepatuhan masyarakat terhadap kebijakan pemeritah nagari. Fenomena ini menunjukandikaji bagaimana implementasi Covid 19 oleh Pemeritahan Nagari Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan.

Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Data di kumpulkan melalui wawancara dengan informan yang dipilih dengan teknik purposeive sampling, dan dokumentasi dengan mengumpulkan dokumen perencanaan dan realisasi pelaksanaan kebijakan Dana Desa untuk dalam upaya penanganan pandemi Covid 19 di Nagari Pasar Muara Labuh.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Van Matter & Van Horn yang terdiri dari enam variabel utama. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan Dana Desa dalam penanganan Covid 19 pemerintahan Nagari Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan sudah berjalan dengan cukup baik dan lancar dan sesuai dengan amanah regulasi kebijakan yang terkait dengan Dana Desa. Apabila dengan pelaksanaan Dana Desa untuk penanganan pandemi Covid 19 masih belum optimal, hal tersebut terlihat pada kepatuhan masyarakat dalam kegiatan penaganan Covid 19.

Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Dana Desa, Covid 19, Nagari.

 

Untuk Lebih Lengkapnya bisa dibaca Pada link Ini : http://scholar.unand.ac.id/76783/

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Penyerahan BLT Dana Desa

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Aparatur Nagari

Back Next

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

Sinergi Program

Kabupaten Solok Selatan Kementerian Desa PDTT Kementerian Dalam Negeri
Akademi Desa 4.0 Program Inovasi Desa Pusat Data Desa Indonesia

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Arsip Artikel

14 Februari 2020 | 8.812 Kali
Peraturan-Peraturan Bupati Kabupaten Solok Selatan Untuk Tahun Anggaran 2021
21 Januari 2020 | 8.397 Kali
Profil Nagari
01 Agustus 2019 | 8.235 Kali
Wilayah Nagari
23 Januari 2020 | 8.216 Kali
Tugas dan Fungsi
27 Januari 2020 | 8.211 Kali
Profil Perangkat Nagari
01 Agustus 2019 | 8.206 Kali
Visi dan Misi
01 Agustus 2019 | 8.187 Kali
Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan