Selamat Datang di Website Resmi Nagari Pasar Muara Labuh Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )

Artikel

Nagari Pasar Muara Labuh Gelar Musyawarah Nagari Penetapan Pendataan SDGs

31 Mei 2021 18:00:17  Administrator  324 Kali Dibaca  Berita Lokal

Info Nagari Pasar Muara Labuh---,Pemerintah Nagari Pasar Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, laksanakan Musyawarah Nagari (Musnag) Penetapan Hasil Pendataan SDGs di Kantor Wali Nagari Pasar  Muara Labuh. Senin (31/05/2021)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Sungai Pagu, Pendamping Kecamatan Sungai Pagu, Bamus Nagari Pasar Muara Labuh, Babinsa, Tokoh Masyarakat, Tim Pokja pendataan SDGs desa, serta masyarakat nagari.

Rolli Almar, S.STP, M.Si Camat Sungai Pagu secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Nagari (Musnag) ini. kemudian dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi atas keberhasilan im Pokja pendataan SDGs desa dalam melaksanakan pendataan ini sehingga dapat memotivasi nagari-nagari lain yang ada di Kecamatan Sungai Pagu khususnya dan Kabupaten Solok Selatan umumnya.

Pemerintah melalui Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigarasi Nomor 2 tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun (IDM) menegaskan bahwa dalam rangka percepatan pencapaian sasaran  pembangunan desa dan kawasan perdesaan yang berkelanjutan bagi pengentasan desa teringgal dan peningkatan desa mandiri ,maka perlu disusun ketersediaan data sebagai dasar pembangunan Desa dan kawasan perdesaan serta penetapan status kemajuan dan kemandirian desa

SDGs merupakan turunan dari Peraturan Menteri Desa Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. SDGs Desa diharapakan sebagai acuan untuk pembangunan 2022-2025.

“SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021. Upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah, karena itulah, penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 (sepuluh) SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa.Dan pada saat ini pemutahkiran SDGs sudah selesai baik secara manual dan uplod data survey Desa ,Survey RT ,Survey KK dan Survey Individu ,kami sangat berterima kasih dan bangga kepada semua Pokja Relawan Pendataan SDgs yang sudah menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu”  terang beliau dalam sambutannya  di Mudes tersebut .

Pj. Wali Nagari Pasar Muara Labuh, Efrizal, A.Md, menjelaskan, pendataan SDGs Desa ini, dilakukan setelah dibentuknya Tim Relawan Kelompok Kerja Pendataan SDGs. Yang dibekali dengan pelatihan sebelum melakukan pendataan di lapangan. Tim relawan yang dibentuk, dikuatkan dengan Surat Keputusan Wali Nagari beranggotakan 14 orang, yang terdiri dari Wali Jorong, Karang Taruna, Mahasiswa, serta Tokoh Masyarakat.

“Dalam mengumpulkan data di masyarakat, Tim Pokja didampingi langsung oleh Kaur dan Kasi Nagari Pasar Muara Labuh. Dalam melakukan pendataan, dilakukan dengan cara tatap muka, atau rumah ke rumah,” kata Efrizal, A.Md.

Efrizal, A.Md menambahkan, sebelum tim pendataan turun kelapangan, terlebih dahulu saya telah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta mensukseskan pendataan tersebut, minimal memberikan data dan informasi yang valid.

“Semoga setelah Penetapan Pendataan SDGs Desa ini, mampu menggali nilai potensial Nagari untuk dijadikan evaluasi dalam rangka kemajuan Nagari Pasar Muara Labuh kedepannya,” ungkap Efrizal, A.Md. 

Sementara itu, Nasrial Dt Rj Alam, selaku Wakil Ketua Tim Relawan Pendataan SDGs Desa, mengatakan, keberhasilan dalam menyelesaikan pendataan tersebut, tidak terlepas dari kerja keras tim yang tidak mengenal lelah, meskipun dalam keadaan berpuasa di bulan suci ramadan, serta dukungan penuh Pemerintah Nagari.

“Alhamdulillah, kita dapat menyelesaikan pemutakhiran data sebelum waktunya berakhir. Ini semua berkat dukungan dan kerja keras semua pihak, terutama Perangkat Nagari, Begitu juga dengan kerja keras para Tim Pokja,” tutur Nasrial Dt Rj Alam.

#ayolawancovid19

#coronamasihada

#ingatpesanibu

#jangankendortetappakaimasker

#ingatpesanibu

#senangmelayanimasyarakat

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Penyerahan BLT Dana Desa

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Aparatur Nagari

Back Next

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

Sinergi Program

Kabupaten Solok Selatan Kementerian Desa PDTT Kementerian Dalam Negeri
Akademi Desa 4.0 Program Inovasi Desa Pusat Data Desa Indonesia

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Arsip Artikel

14 Februari 2020 | 8.812 Kali
Peraturan-Peraturan Bupati Kabupaten Solok Selatan Untuk Tahun Anggaran 2021
21 Januari 2020 | 8.396 Kali
Profil Nagari
01 Agustus 2019 | 8.235 Kali
Wilayah Nagari
23 Januari 2020 | 8.216 Kali
Tugas dan Fungsi
27 Januari 2020 | 8.210 Kali
Profil Perangkat Nagari
01 Agustus 2019 | 8.205 Kali
Visi dan Misi
01 Agustus 2019 | 8.187 Kali
Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan