Selamat Datang di Website Resmi Nagari Pasar Muara Labuh Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )

Artikel

Kader TP-PKK Nagari Pasar Muara Labuh Diberikan Pelatihan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga

29 Mei 2021 12:35:07  Andi Castro  241 Kali Dibaca  Berita Lokal

Info Nagari Pasar Muara Labuh---, Dalam rangka meningkatkan Kapasitas atau Sumber Daya Manusia (SDM) Kelembagaan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga PKK Nagari Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan Pemerintah Nagari melaksanakan Pelatihan/ Penyuluhan bagi PKK Nagari di Wisma Umi Kalsum,Sabtu (29/05/2021). 

Kegiatan ini di hadiri, Pj. Wali Nagari Pasar Muara Labuh, Pendamping Desa, Ketua TP-PKK Nagari Pasar Muara Labuh, serta Tim Penggerak PKK Nagari Pasar Muara Labuh, Nara Sumber Sekretaris TP-PKK Kabupaten Solok Selatan, Martiusna dan Ketua Pokja 2 TP-PKK Kabupaten Solok Selatan, Suryani Augusti dengan mematuhi protokol kesehatan guna pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19.

 

Pelatihan Kelembagaan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di buka secara resmi Pj. Wali Nagari Pasar Muara Labuh, Efrizal, A.Md dengan mengangkat tema ”Pelatihan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Atau PKK" dan ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Nagari kepada TP-PKK Nagari.

Dalam Sambutannya Efrizal,A.Md menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan perencanaan kegiatan yang ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari (APB-Nagari) Pasar Muara Labuh Tahun Anggaran 2021, kegiatan ini bersumber dari Dana Desa dengan pagu dana sebesar Rp. 12.000.000,- (dua belas juta rupiah).

Kemudian beliau berharap semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman Kader PKK di Nagari Pasar Muara Labuh, serta bermanfaat bagi seluruh kader-kader PKK Nagari , “tuturnya.

Ketua TP-PKK Nagari Pasar Muara Labuh, Ny. Okti Efrizal mengungkapkan dalam meningkatkan pendapatan keluarga PKK dapat memberikan dan mensejahterakan serta aktif dalam pembangunan maupun dalam pembina,motivator,serta mewujudkan partisipatif. Beliau berharap,”semoga dengan adanya kegiatan ini kader kader pkk nagari dapat mewujudkan PKK yang baik dan kondusif”.

Sekretaris TP-PKK Kabupaten Solok Selatan, Martiusna dan Ketua Pokja 2 TP-PKK Kabupaten Solok Selatan, Suryani Augusti sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini, dan ini baru satu-satunya nagari yang melaksanakan kegiatan Pelatihan Kelembagaan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga PKK di Kabupaten Solok Selatan.

Dalam penyampaian materi pelatihannya ada point-point penting yang mendasar yang harus dipahami oleh oleh kader PKK antara lain yaitu :

Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, selanjutnya di singkat PKK, adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya DARI, OLEH dan UNTUK masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Pemberdayaan Keluarga adalah segala upaya bimbingan dan pembinaan agar keluarga dapat hidup sehat sejahtera, maju dan mandiri.

Kesejahteraan Keluarga adalah kondisi tentang terpenuhinya kebutuhan dasar manusia dari setiap anggota keluarga secara material, sosial, mental dan spiritual sehingga dapat hidup layak sebagai manusia yang bermanfaat.

Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri atas suami istri atau suami istri dan anaknya atau ayah dan anaknya atau ibu dan anaknya.

Keluarga Sejahtera  adalah keluarga yang dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan hidup spiritual dan meterial yang layak, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antar anggota, antar keluarga dan masyarakat serta lingkungannya.

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilisator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak  pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK.

Anggota Tim Penggerak  PKK adalah warga masyarakat baik laki-laki maupun perempuan, perorangan, bersifat sukarela, tidak mewakili organisasi, golongan, partai politik, lembaga atau instansi, dan berfungsi sebagai perencana, pelaksana, pengendali Gerakan PKK.

Kelompok PKK adalah kelompok-kelompok yang berada di bawah Tim Penggerak PKK Desa/kelurahan yang dapat dibentuk berdasarkan kewilayahan atau kegiatan.

Kelompok DASAWISMA adalah kelompok yang terdiri atas 10-20 Kepala Keluarga (dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat), diketuai oleh seorang yang dipilih di antara mereka, merupakan kelompok potensial terdepan dalam pelaksanaan kegiatan PKK.

Kader UMUM  adalah mereka yang telah dilatih atau belum dilatih tetapi memahami, serta melaksanakan 10 Program Pokok PKK, yang mau dan mampu memberikan penyuluhan dan menggerakan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan yang diperlukan.

Kader Khusus adalah Kader Umum yang mendapat tambahan pengetahuan dan ketrampilan tertentu, antara lain melalui pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh PKK, lembaga, instansi pemerintah atau non pemerintah. Data tentang Kader khusus dicantumkan dalam kolom data Pokja masing-masing.

Pelatih PKK adalah anggota Tim Penggerak PKK atau Kader yang telah mengikuti pelatihan PKK dan Metodologi pelatihan, serta mendapatkan surat keputusan sebagai Pelatih dan ketua Umum/Ketua Tim Penggerak PKK Daerah yang bersangkutan.

Pelindung Utama PKK adalah istri Presiden Republik Indonesia, yang bertugas memberikan arahan, dukungan baik moril maupun material untuk keberhasilan Gerakan PKK.

Pelindung PKK adalah istri wakil Presiden Republik Indonesia, yang bertugas memberikan arahan, dukungan baik moril maupun materiil untuk keberhasilan Gerakan PKK.

Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK adalah unsur pendukung pelaksanaan program PKK yang terdiri atas pimpinan instansi/lembaga yang membidangi tugas-tugas pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta para tokoh/pemuka masyarakat, lembaga kemasyarakatan yang ditetapkan dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri, Gubernur, Bupati/Walikota, Camat dan kepala Desa/lurah sesuai dengan jenjang keperintahan.

Penasehat PKK adalah tokoh/pemuka masyarakat yang karena keahlian, pengetahuan dan pengalamannya mau membantu untuk keberhasilan pelaksanaan Gerakan PKK, yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri selaku Ketua Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK Pusat.

Sedangkan Penasehat di Propinsi, Kabupaten/Kota dapat diadakan sesuai keadaan dan kebutuhan, diusulkan oleh ketuai Tim Penggerak PKK dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Gubernur, Bupati/Walikota selaku Ketua Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK yang bersangkutan.

#ayolawancovid19

#coronamasihada

#jangankendortetappakaimasker

#ingatpesanibu

#senangmelayanimasyarakat

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Aparatur Nagari

Back Next

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

Sinergi Program

Kabupaten Solok Selatan Kementerian Desa PDTT Kementerian Dalam Negeri
Akademi Desa 4.0 Program Inovasi Desa Pusat Data Desa Indonesia

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:373
    Kemarin:469
    Total Pengunjung:162.495
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.239.179.228
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

14 Februari 2020 | 8.493 Kali
Peraturan-Peraturan Bupati Kabupaten Solok Selatan Untuk Tahun Anggaran 2021
21 Januari 2020 | 8.215 Kali
Profil Nagari
01 Agustus 2019 | 8.104 Kali
Wilayah Nagari
27 Januari 2020 | 8.091 Kali
Profil Perangkat Nagari
23 Januari 2020 | 8.085 Kali
Tugas dan Fungsi
01 Agustus 2019 | 8.075 Kali
Visi dan Misi
01 Agustus 2019 | 8.072 Kali
Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan