Selamat Datang di Website Resmi Nagari Pasar Muara Labuh Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )

Artikel

Pendataan Difabel Jadi Tantangan Pada Pilkada Serentak 09 Desember

30 September 2020 10:38:36  Administrator  171 Kali Dibaca  KBR Warita Desa

[Warita Desa] Pasar Muara Labuh | Pemilihan umum kepala daerah serentak 2020 menurut jadwal pelaksanaannya akan dilakukan pada 9 Desember mendatang. Masyarakat difabel yang telah memiliki hak pilih menjadi salah satu sumber dukungan suara yang tidak boleh terabaikan. Untuk itu, dalam proses pendataan menjelang pemilihan umum berlangsung menjadi fundamental, dan harus mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak terutama penyelenggara pemilu.

Masalah di lapangan yang masih kerap terjadi dalam pendataan menjelang pemilu antara lain, terjadinya data pemilih yang ganda, usia pemilih baru yang belum terdata, dan masyarakat difabel yang memiliki hak suara dan luput dari pendataan. Sehingga untuk meminimalisir hilangnya hak difabel ikut peran serta dalam berpolitik, perlu diadakan advokasi pendataan setiap akan diselenggarakannya pemilihan umum.

Di Kabupaten Malang, Jawa timur, sebagai salah satu daerah yang akan menyelenggarakan pemilihan umum 9 Desember 2020 mendatang, telah berupaya mengadakan sosilaisasi dan edukasi bersama pihak terkait untuk membahas  pendataan masyarakat difabel, khususnya di Kecamatan Lawang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan Muspika serta lintas organisasi peduli difabel seperti Forum Malang Inklusi dan SWP Handayani.

Advokasi hak pendataan difabel serta aksesibilitasnya.

Siswinarsih, dari Koordinator Forum Malang Inklusi (FOMI) menyampaikan, perspektif difabel perlu dipahami oleh pelaksana pemilu, termasuk Bawaslu sebagai tim pengawasan. Antara lain, mengenai ragam difabel dan hak-hak serta teknis pelayanan sesuai kebutuhan mereka. Pentingnya pendataan difabel untuk kebutuhan pemilu dapat diupayakan dari form pendataan pemilu dengan menyediakan kolom difabel. melihat contoh pada pemilihan Presiden lalu, kolom tersebut banyak tidak diisi yang disebabkan ketidaktahuan petugas yang mendata dalam menentukan ragan difabel.

“Tidak semua permasalahan dilimpahkan pada panitia pengawasan maupun pihak penyelenggara. Masyarakat difabel pun memiliki hak yang sama untuk berperan aktif dalam suksesnya pemilu,” kata Ruwiyanto, ketua SWP Handayani.

Anggra Dwi Sintawati, Komisioner Panwaslu Kecamatan Lawang, Divisi SDM dan Organisasi, menanggapi pentingnya partisipasi masyarakat difabel dalam pengawasan pemilu. Timnya dari Kecamatan Lawang memberikan fasilitas posko pengaduan. Ia menyampaikan pelibatan difabel merupakan salah satu strategi pengawasan partisipatif pemilu.

“Terkait pendataan difabel dalam rangka pilkada Malang 2020, saat ini Data Pemilih Sementara (DPS) Kecamatan Lawang telah mengakomodir tiga puluh pemilih dari masyarakat difabel. Setelah penetapan DPS, data akan dipajang di Balai Desa atau tempat umum lainnya agar masyarakat bisa memberikan masukan jika ada warga yang belum terdata,” papar Unun Zumairoh Asr Himsyah, ketua PPK Lawang.

Menurutnya, sosialisasi dan upaya pemenuhan aksesibilitas sudah dilakukan namun pengguna hak suara dari difabel masih minim, salah satu faktornya adalah masih ada stigma dari difabel itu sendiri dan keluarganya.

Peran aktif masyarakat sangat diperlukan meskipun sudah ada penyelenggara dan pengawas pemilu, tanggapan ini disampaikan oleh Taufik, Sekertaris Kecamatan Lawang. Dukungan terhadap gagasan gerakan keoedulian Kecamatan Lawang pemilu akses inklusif pun direspon positif oleh Muhamad Akmil Halim, ketua Panwaslu Lawang. Menurutnya, hal tersebut menjadi penting untuk mendobrak stigma difabel.

Kertaning Tyas, ketua pembina Lingkar Sosial Indonesia memberikan masukan tentang terdatanya masyarakat difabel di DPT, merupakan awal mula difabel terlayani dengan baik dalam pemilu. Dengan mengetahui ragam difabel akan membantu akses yang disediakan penyelenggara. Misalkan netra, akan mempengaruhi persiapan template braille. Difabel kursi roda, akan mempengaruhi lokasi TPS yang perlu disediakan ramp.

Terkait data pemilih difabel yang termuat dalam DPS dari PPK, menurutnya masih minim bila dibandingkan dengan data lengkap difabel usia produktif di Posyandu Disabilitas yang hanya diatas seratus orang. Informasi jumlah difabel di wilayah tersebut berdasarkan data dinas sosial setempat pun lebih dari tiga ratus jiwa.

Dalam pendataan difabel pada pemilu disarankan PPK bekerjasama dengan pemerintah desa dan organisasi difabel. Untuk meningkatkan pengetahuan petugas dalam menentukan ragam kedifabelan, diharapkan saat melaksanakan bimtek-bimtek pihak penyelenggara pemilu melibatkan difabel untuk sharing memberikan materi tentang kesadaran terhadap difabel yang meliputi ragam difabel dan etika berinteraksi dengan difabel.[]

Reporter: Srikandi Syamsi
Editor     : Ajiwan Arief

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Penyerahan BLT Dana Desa

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Aparatur Nagari

Back Next

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

Sinergi Program

Kabupaten Solok Selatan Kementerian Desa PDTT Kementerian Dalam Negeri
Akademi Desa 4.0 Program Inovasi Desa Pusat Data Desa Indonesia

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

$hari_ini = $statistik_pengunjung['hari_ini']; $kemarin = $statistik_pengunjung['kemarin']; $total = $statistik_pengunjung['total']; $os = $statistik_pengunjung['os']; $ip_address = $statistik_pengunjung['ip_address']; $browser = statistik_pengunjung['browser'];

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:
    Kemarin:0
    Total Pengunjung:0
    Sistem Operasi:
    IP Address:
    Browser:

Arsip Artikel

14 Februari 2020 | 8.728 Kali
Peraturan-Peraturan Bupati Kabupaten Solok Selatan Untuk Tahun Anggaran 2021
21 Januari 2020 | 8.350 Kali
Profil Nagari
01 Agustus 2019 | 8.200 Kali
Wilayah Nagari
27 Januari 2020 | 8.173 Kali
Profil Perangkat Nagari
23 Januari 2020 | 8.171 Kali
Tugas dan Fungsi
01 Agustus 2019 | 8.169 Kali
Visi dan Misi
01 Agustus 2019 | 8.148 Kali
Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan