Selamat Datang di Website Resmi Nagari Pasar Muara Labuh Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )

Artikel

BAPETEN : Perumahan Batan Indah di Tangsel Terpapar Radiasi Radioaktif

16 Februari 2020 12:23:15  Administrator  130 Kali Dibaca  KBR Warita Desa

 

[KBR|Warita Desa] Pasar Muara Labuh | Perumahan Batan Indah di Tangerang Selatan (Tangsel) terpapar radiasi zat radioaktif. Hal ini dilaporkan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) dalam rilisnya, Selasa (14/2/2020).

"Tanggal 30-31 Januari 2020, BAPETEN melakukan uji fungsi dengan target area meliputi wilayah Pamulang, Perumahan Dinas Puspiptek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah, dan Stasiun KA Serpong," lapor BAPETEN.

"Secara umum nilai paparan radiasi lingkungan pada daerah pemantauan menunjukkan nilai normal. Namun pada saat dilakukan pemantauan di lingkungan Perumahan Batan Indah, ditemukan kenaikan nilai paparan radiasi di lingkungan area tanah kosong di samping lapangan voli Blok J."

"Tim uji fungsi melakukan pengecekan ulang dan penyisiran di sekitar daerah tersebut di atas, dan ditemukan nilai paparan radiasi lingkungan dengan laju paparan terukur signifikan di atas nilai normal."

"Berdasarkan hasil tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi kontaminasi yang sifatnya menyebar di area tersebut," jelas BAPETEN.

BAPETEN Sudah Lakukan Upaya Dekontaminasi

Dalam rilisnya, BAPETEN melaporkan mereka bersama Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sudah melakukan upaya penanggulangan radiasi atau dekontaminasi.

"BAPETEN secara resmi telah bertemu dengan pengurus RT/RW di lingkungan Perumahan Batan Indah untuk menjelaskan kronologi kejadian dan tindakan apa yang akan diambil oleh tim gabungan BAPETEN dan BATAN dalam menangani kejadian ini."

"Tim BATAN dan BAPETEN telah mengambil sampel vegetasi, tanah, dan air sumur di sekitar lokasi untuk memastikan kemungkinan terjadinya kontaminasi silang/terjadi pencemaran."

"Tim BATAN telah melakukan kegiatan dekontaminasi tersebut dengan melakukan pengerukan tanah dan pemotongan pohon/tanaman, dengan didampingi tim BAPETEN. Material yang diambil, selanjutnya dikirim ke PTLR-BATAN untuk diolah lebih lanjut."

"Berdasarkan pengukuran laju paparan setelah pelaksanaan kegiatan dekontaminasi, diperoleh hasil bahwa laju paparan menggalami penurunan yang signifikan, namun masih tetap di atas nilai normal, sehingga proses dekontaminasi masih perlu dilanjutkan sehingga diperoleh nilai laju paparan kembali normal."

"Tim BATAN juga akan melakukan pemeriksaan Whole Body Counting (WBC) terhadap beberapa warga di sekitar lokasi."

"Untuk alasan keselamatan, warga dihimbau untuk tidak memasuki lokasi terdampak kontaminasi hingga batas trotoar dan lapangan voli," jelas BAPETEN.

Oleh : Adi Ahdiat
Editor: Agus Luqman

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Aparatur Nagari

Back Next

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

Sinergi Program

Kabupaten Solok Selatan Kementerian Desa PDTT Kementerian Dalam Negeri
Akademi Desa 4.0 Program Inovasi Desa Pusat Data Desa Indonesia

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:337
    Kemarin:1.168
    Total Pengunjung:144.199
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.230.154.160
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

14 Februari 2020 | 8.432 Kali
Peraturan-Peraturan Bupati Kabupaten Solok Selatan Untuk Tahun Anggaran 2021
21 Januari 2020 | 8.152 Kali
Profil Nagari
01 Agustus 2019 | 8.070 Kali
Wilayah Nagari
27 Januari 2020 | 8.060 Kali
Profil Perangkat Nagari
23 Januari 2020 | 8.051 Kali
Tugas dan Fungsi
01 Agustus 2019 | 8.042 Kali
Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan
01 Agustus 2019 | 8.039 Kali
Visi dan Misi