SELAMAT DATANG DI WEBSITE NAGARI PASAR MUARA LABUH Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )

Artikel

Badan Usaha Milik Desa, Apa Pentingnya ?

10 Oktober 2020 11:55:33  Administrator  89 Kali Dibaca  Berita Desa

Salah satu upaya pemerintah dalam pengentasan kemiskinan di Republik Indonesia ini adalah memberikan kewenangan bagi Pemerintah Desa untuk dapat mendirikan Badan Usaha yang berada di Desa. Upaya tersebut tercetus dalam badan usaha yang di Sebut dengan BUMDES.

Pada Dasarnya Pemerintah Republik Indonesia Melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah mengeluarkan Regulasi tentang Kedudukan BUMDES di Desa, yakni di atur dalam Peraturan Menteri Desa PDDT No 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa. Peraturan ini Terbit untuk lebih menjiwai Undang-Undang Republik Indonesia No 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Pada Hakikatnya, BUMDES sendiri merupakan Badan Usaha yang mana modalnya dapat berasal dari Desa maupun dari Pihak Ketiga yang ada di Desa. Modal yang disertakan oleh Pemerintah Desa Kepada BUMDES nantinya bisa dimanfaatkan untuk menggerakan Perekonomian Masyarakat Desa, serta dapat menciptakan Lapangan Pekerjaaan dan meningkatkan pelayanan masyarakat secara baik.

BUMDES merupakan Tonggak Perekonomian Desa secara tidak langsung karena dalam hal ini BUMDES akan menambah Pendapatan Asli Desa, Kuncinya adalah pengelolaan yang baik dari pihak desa, asset yang dimiliki desa bisa dijadikan acuan untuk mendapatkan Benefit / Pendapatan Asli Desa (PAN).

Pengelolaan BUMDES yang sesuai dengan Aturan-aturan yang berlaku akan berimbas pada meningkatkan Gerakan ekonomi Desa, sehingga semua sector yang ada di Desa mengalami Kemajuan yang cukup berarti sehingga bisa memberikan benefit yang tinggi.

Ada Beberapa Hal yang perlu dicermati oleh Pemerintah Desa dalam mengenai Pengelolaan Badan Usaha, Ketika dipraktekan secara benar, pengelolaan BUMDES akan sangat bermanfaat bagi Desa.

Pertama, Yang harus dicermati adalah Perencanaan, dimana didalamnya meliputi pembentukan Organisasi, penetuan jenis usaha, dan pengaturan dalam menjalankan usaha. Kesemua ini harus matang dan tepat sehingga terwujud nantinya BUMDES yang terus berkembang.

Kedua adalah Pengamatan. Pemerintah Desa harus jeli melihat serta mengamati Peluang dan Aset Desa yang dipandang bagus untuk usaha yang akan dijalankan Oleh BUMDES, seperti melihat atau mengetahui seberapa besar potensi berkembangnya usaha dan Pangsa Pasar Produk yang dihasilkan oleh BUMDES.

Ketiga adalah Penataan dan Penentuan Jenis Usaha. Pemerintah Desa harus melakukan Riset dan Analisis Pasar, sehingga akan menghasilkan suatu keputusan yang tepat bagi BUMDES untuk menentukan Jenis Usaha yang Tepat, dan dikelola dengan baik supaya berjalan semaksimal mungkin dan juga nantinya dapat berkembang sesuai dengan keinginan Masyarakat atau Konsumen.

Keempat adalah Pemeliharaan. Wajib hukumnya bagi Pemerintah desa untuk memelihara Badan Usaha yang telah dibentuk. Dengan adanya Penyertaan Modal Desa kepada BUMDES yang bersumber dari Dana yang Ada di Desa ( Dana Desa , dll ) Pemerintah Desa berkewajiban untuk Menjaga dan Mengamankannya.

Kelima adalah Pelaporan Hasil Usaha. Pemerintah Desa berkewajiban untuk mengevaluasi BUMDES, sehingga Transparansi Keuangan BUMDES melalui Pelaporan Hasil Usaha dapat diketahui oleh Masyarakat Desa, baik itu Pemasukan maupun Pengeluaran selama BUMDES berdiri.

Jika Pengelolaan BUMDES berjalan dengan Lancar ada beberapa keuntungan, salah satunya adalah meningkatkan Pendapatan Asli Desa itu sendiri, pendapatan inilah yang menjadikan Desa lebih mudah mengupayakan pembangunan di Desa tanpa bergantung dari Dana Transfer yang disalurkan Oleh Pemerintah Pusat melalui Dana Desanya maupun Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Dana Perimbangannya ( Alokasi Dana Desa ). Selain itu Keuntungan bagi Masyarakat Desa adalah Meningkatkan Perekonomian Masyarakat dari yang tidak Produktif menjadi Lebih Produktif, dan merasa terbantu dengan adanya badan usahanya ini.

Dengan Adanya BUMDES akan meminimalkan pengangguran di Desa, Masyarakat mendapatkan Pekerjaan dan memiliki Pendatapan yang tetap sehingga mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Penguatan ini akan jelas berdampak pada majunya sebuah Desa baik dari segi Perekonomian Desa maupun dari Segi Pelayananan Bagi Masyarakat Desa.

Pewarta :

Joko Adrianto, S.Pt., M.Si

Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Sungai Pagu

TPP P3MD Kabupaten Solok Selatan - SUMBAR

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator Nagari untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Aparatur Nagari

Back Next

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

Sinergi Program

Kabupaten Solok Selatan Kementerian Desa PDTT Kementerian Dalam Negeri
Akademi Desa 4.0 Program Inovasi Desa Pusat Data Desa Indonesia

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.077
    Kemarin:381
    Total Pengunjung:52.481
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.172.236.135
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

14 Februari 2020 | 5.640 Kali
Peraturan-Peraturan Bupati Kabupaten Solok Selatan Untuk Tahun Anggaran 2020
27 Januari 2020 | 5.518 Kali
Profil Perangkat Nagari
21 Januari 2020 | 5.516 Kali
Profil Nagari
01 Agustus 2019 | 5.507 Kali
Wilayah Nagari
27 Januari 2020 | 5.507 Kali
Profil PPID
23 Januari 2020 | 5.506 Kali
Tugas dan Fungsi
24 Januari 2020 | 5.506 Kali
Regulasi Nagari