SELAMAT DATANG DI WEBSITE NAGARI PASAR MUARA LABUH Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )

Artikel

Penyemprotan Desinfektan oleh Satgas dan Relawan Desa Tanggap Darurat Covid-19

12 April 2020 14:19:56  Administrator  431 Kali Dibaca  Berita Desa

Info.Nagari.Pasar Muara Labuh---. Minggu (12/04/2020), Cegah penyebaran Corona Virus Desiase 19 (COVID-19), Pemerintah Nagari Pasar Muara Labuh  lakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh rumah-rumah warga. Upaya ini dilakukan karena dekontaminasi penyebaran infeksi virus corona (COVID-19) dapat dikurangi dengan membersihkan ruangan serta benda-benda yang sering tersentuh tangan dengan cairan desinfektan yang biasa digunakan

Kegiatan penyemprotan desinfektan juga di lakukan di beberapa Fasilitas Umum yang ada, dan area titik keramaian lainnya di Wilayah Pemerintahan Nagari Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan, hingga kondisi normal kembali.

"Hari ini, kita melakukan penyemprotan desinfektan sebagai tahap lanjutan dalam pencegahan virus COVID-19 di Nagari Pasar Muara Labuh, setelah melakukan sosialisasi mengenai wabah ini dengan cara memasang banner, spanduk dan baliho himbauan pencegahan penyebaran covid-19. selanjutnya upaya pencegahan ini masih terus kami lakukan agar bisa melayani lebih banyak lagi masyarakat kita,” ucap Efrizal,A.Md selaku Penjabat Wali Nagari Pasar Muara Labuh.

“Hal itu sebagai bentuk keseriusan kami untuk ikut terlibat dalam mengantisipasi penyebaran serta melawan virus corona yang kini sudah dinyatakan sebagai pandemi.", ungkapnya.

Penyemprotan Desinfektan ini dilakukan oleh Satgas dan Relawan Desa Tanggap Darurat Covid-19 yang telah dibentuk oleh Wali Nagari, Selain itu, pihak Pemerintahan Nagari juga akan menyediakan hand sanitizer/ Cairan Pencuci Tangan yang diletakan ditempat-tempat umum. (J)

Sejak dikukuhkan Satgas dan Relawan Desa Tanggap Darurat Covid-19 pada Rabu (01/04/2020) lalu, Satgas dan Relawan Desa Tanggap Darurat Covid-19 Nagari Pasar Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, ikut berperan membantu Pemerintahan Nagari dalam upaya menangkal penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Langkah ini kita lakukan sebagai antisipasi terhadap penularan wabah virus corona dan sebagai aksi Satgas dan Relawan Desa Tanggap Darurat Covid-19 terhadap virus yang sedang mewabah saat ini. Selain menyemprotkan desinfektan, kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Corona Virus Desiase 19 (COVID-19).

“Sebagai Satgas dan Relawan Desa Tanggap Darurat Covid-19 kita harus tanggap dan respon terhadap warga datang dari luar daerah, kita langsung berkoordinasi dengan Bidan Desa untuk kemudian mendatangi rumah yang baru datang dari luar daerah tersebut, kemudian kita observasi dengan mengkarantina diri dirumahnya masing-masing selama 14 hari, itu merupakan tugas dari Satgas dan Relawan Desa Tanggap Darurat Covid-19 sesuai dengan Surat Edaran Menteri Desa Nomor  8 Tahun 2020” kata Efrizal,A.Md.

Sementara itu Bamus Nagari sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena ini sebagai bentuk perhatian dari Pemerintahan Nagari Pasar Muara Labuh terhadap warganya dalam penangganan pencegahan penyebaran covid-19 di Kenagarian Pasar Muara Labuh.

Nasrial Dt. Rj. Alam menambahkan, Langkah cepat Pemerintahan Nagari dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 ini telah tepat dengan melakukan penyemprotan desinfektan, menempelkan surat edaran dan pesan kewaspadaan, himbauan yang ditempel di Mesjid, Warung dan meminta warga mengurangi aktivitas diluar rumah.

Desinfektan merupakan bahan kimia atau pengaruh fisika yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus, juga untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme atau kuman penyakit lainnya. Terdapat berbagai jenis desinfektan yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan salah satunya adalah desinfektan yang digunakan untuk membersihkan ruangan.

Kemudian Bhabinkamtibmas (Farid Marshal), Babinsa (Sondesrial) dan Pendamping Desa (Joko Adrianto) selaku Mitra bagi Satgas dan Relawan Desa Tanggap Darurat Covid-19, akan selalu bahu membahu bersama dalam melakukan kegiatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Nagari Pasar Muara Labuh, semoga apa yang telah kita perbuat ini bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak dan menjadi amal ibadah bagi kita bersama, amin ya rabbal’alamin....

#Terimakasih kepada Satgas dan Relawan Desa Tanggap Darurat atas penyemprotan desinfektan untuk pencegahan covid-19.

#ayolawancovid-19.

#stayathome

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator Nagari untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Aparatur Nagari

Back Next

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

Sinergi Program

Kabupaten Solok Selatan Kementerian Desa PDTT Kementerian Dalam Negeri
Akademi Desa 4.0 Program Inovasi Desa Pusat Data Desa Indonesia

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.139
    Kemarin:381
    Total Pengunjung:52.543
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.172.236.135
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

14 Februari 2020 | 5.688 Kali
Peraturan-Peraturan Bupati Kabupaten Solok Selatan Untuk Tahun Anggaran 2020
27 Januari 2020 | 5.566 Kali
Profil Perangkat Nagari
21 Januari 2020 | 5.564 Kali
Profil Nagari
01 Agustus 2019 | 5.555 Kali
Wilayah Nagari
27 Januari 2020 | 5.555 Kali
Profil PPID
23 Januari 2020 | 5.554 Kali
Tugas dan Fungsi
24 Januari 2020 | 5.554 Kali
Regulasi Nagari